Headlines News :
Home » » PKS Sumatera Utara

PKS Sumatera Utara

Written By Unknown on Thursday, November 27, 2014 | 8:52 PM

Your RSS feed from RSSFWD.com. Update your RSS subscription
RSSFWD

PKS Sumatera Utara

Official Website DPW PKS SUMUT

Gubsu dan Sutias Raih Penghargaan Kesehatan Manggala Karya Bakti Husada
11:48:00 PM

pkssumut.or.id, JAKARTA - Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nu­groho beserta Ketua Tim Peng­­gerak PKK Provinsi Sumut, Sutias Han­dayani, menerima peng­anugerahan tanda penghargaan di bidang kesehatan pada 50 tahun pe­ringat­an Hari Kese­hatan Nasional di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (27/11).

Penghargaan diserahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Ma­nusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. Disaksikan Menteri Kesehat­an, Nila Farid Moeloek.

Gubsu menerima penghargaan Mang­gala Karya Bakti Husada Kartika (MKBH), sedangkan Sutias menerima tanda penghargaan Mitra Bakti Husada. Penghargaan MKBH diberikan kepada pemerintah daerah atas dukungannya terhadap keber­hasilan satu atau beberapa program kesehatan di wilayah kerjanya.

Sedangkan Mitra Bakti Husada (MBH) merupakan tanda penghar­gaan yang diberikan kepada orga­nisasi kema­syarakatan, dunia usaha, badan usaha milik Negara (BUMN), BUMD, dan organisasi profesi dalam men­du­kung keberhasilan pemba­ngun­an di bidang kesehatan.

Sumut termasuk provinsi yang ter­banyak mendapatkan penghargaan dari tiga kategori yaitu sebanyak lima peng­hargaan. Selain Pemprovsu dan TP PKK Sumut, Pemkab Labuhan­batu dan Pemko Sibolga, Ketua TP PKK La­bu­han Batu juga menerima peng­hargaan.

Gubsu mengatakan, penghargaan ini menjadi semangat untuk me­ningkatkan upaya pembangunan kesehatan di Sumut. Gubsu mengu­capkan terima ka­sih kepada segenap pemangku kepen­tingan bidang kese­hatan yang sudah bekerja memberi­kan pelayanan terbaik bagi masya­rakat.

"Terkait pelayanan kesehatan, ten­tu Pemprovsu akan terus-menerus me­ning­katkan pelayanan kesehatan apa­lagi saat ini kita memiliki lima rumah sakit rujukan regional. Namun yang lebih penting adalah mening­katkan kesa­daran masyarakat untuk tetap sehat, mencegah sakit dengan menerapkan budaya hidup bersih dan sehat," ujarnya

PKK Sumut

Dalam kesempatan itu, Sutias me­ngungkapkan salah satu program TP PKK Sumut dalam mendukung pem­ba­ngunan kesahatan di Sumut adalah menyosialisasikan gerakan peduli ibu hamil dalam upaya pengurangan ang­ka kematian ibu dan bayi.

Sutias mengungkapkan penting­nya peran seluruh keluarga dan ma­syarakat untuk menjaga ibu hamil agar ibu dan anak sehat setelah mela­hirkan. "Seluruh komponen mulai dari suami, keluarga dan masyarakat yang berada di ling­kungan bisa berani menjaga keberadaan ibu hamil, agar ibu dan bayi selalu sehat hingga mela­hirkan," paparnya.

Hadir dalam puncak HKN Menteri Kabinet Kerja, Ketua DPR RI, Kepala Dinas Kese­hatan Provinsi Sumut RR SH Surjantini, Direktur RS Haji Medan Diah Retno, pengurus TP PKK Sumut, Kepala Per­wakilan Pemprovsu di Jakar­ta Nursalim Affan Hasibuan beserta 2.000 undangan.

Menko PMK Puan Maharani menga­presiasi para pe­nerima penghargaan yang su­dah berjasa di bidang kese­hatan. "Selamat dan terima kasih atas kerja kerasnya," ujar Puan.

Dia menyebutkan, HKN ke-50 me­mi­liki makna pen­ting. Menurutnya, 50 tahun merupakan perjalanan pan­jang dalam melakukan upa­ya-upaya pem­bangunan ke­se­hatan sehingga derajat ke­sehatan masyarakat Indonesia se­makin meningkat.

"Upaya kesehatan lebih memprio­ritaskan pada upaya mempertahankan orang sehat agar tetap sehat dan yang sa­kit harus mendapatkan pela­yanan kesehatan yang mudah diakses dan memadai. Oleh ka­rena itu peningkatan peri­la­ku hidup bersih dan sehat (PHBS) di masyarakat pen­ting," ujar Puan.

Dia mengatakan, pemerin­tah ber­tang­gung jawab me­ren­canakan, menga­tur, me­nye­leng­garakan, membina, meng­awasi penyelenggaraan upaya ke­se­hatan yang merata dan terjangkau.

Sebagai salah satu rang­kaian peri­ngatan HKN, peng­hargaan tersebut me­rupakan upaya untuk meningkatkan peran serta masyarakat baik perorangan maupun institusi/lembaga agar terus mem­per­tahankan dan meningkatkan keber­hasilan pembangunan kesehatan. Tanda penghar­gaan yang diberikan terdiri atas Ksatria Bakti Husada (KBH), Manggala Karya Bakti Husada dan Mitra Bakti Husada.

Di acara puncak HKN ini dilakukan penandatanganan sampul pertama prangko 50 tahun HKN oleh Menko PMK Puan Maharani. HKN ke-50 denga tema Indonesia Cinta Sehat dan sub-tema Sehat Bangsaku, Sehat nege­riku ini berhasil memperoleh rekor MURI atas Komitmen Tidak Merokok secara estafet oleh partisipan terbanyak yakni 256.637 aksi cap tangan. [analisadaily]


 


Sejak 2010, Jabar Sudah Sajikan Menu Tradisional Saat Rapat
11:41:00 PM

pkssumut.or.id, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menerapkan aturan untuk menghidangkan menu tradisional saat rapat. Penerapan tersebut, dilakukan sebelum terbitnya surat edaran dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

"Kami sudah melakukan itu dari 2010 lalu. Kalau kita ada rapat-rapat, kita selalu sajikan makanan tradisonal seperti jagung rebus dan kue-kue khas Jawa Barat," ujar Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan kepada wartawan Kamis petang (27/11).

Menurut Heryawan, Pemprov Jabar juga sudah membuat surat edaran kepada kabupaten/kota terkait penyajian menu tradisional saat rapat.
"Kalau sekarang ramai, yang jelas kami sudah melakukan itu dari dulu," kata Heryawan.

Seluruh menu yang disajikan dalam rapat, kata dia, merupakan makanan lokal. Ia pun, tak pernah menyajikan buah import saat rapat. Semua yang disajikan, produk lokal.

''Seperti buah, papais, ketimus teh dan kopi yang kami sajikan pun lokal. Itu rasanya lebih enak," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi mengintruksikan  agar menyajikan menu makanan tradisional yang sehat dan buah-buahan produksi dalam negeri pada setiap penyelenggaraan pertemuan atau rapat.

"Instruksi ini sesuai dengan Surat Edaran Nomor 10 tahun 2014 tentang Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi Kerja Aparatur Negara," katanya.

Menurut Yuddy, instruksi dalam surat edaran ini juga bertujuan untuk mendorong peningkatan produksi dalam negeri dan kedaulatan pangan. [ROL]

]
 


RSSFWD - From RSS to Inbox
3600 O'Donnell Street, Suite 200, Baltimore, MD 21224. (410) 230-0061
WhatCounts
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PETA MEDAN JOHOR

PETA MEDAN JOHOR

REAL COUNT PILGUBSU 2018

REAL COUNT PILGUBSU 2018
DPC PKS Medan Johor by Zul Afkar
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DPC PKS Medan Johor - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Zoel Afkar MK