Headlines News :
Home » » Kesetiakawanan Sosial Modal Nyata Pembangunan

Kesetiakawanan Sosial Modal Nyata Pembangunan

Written By Unknown on Friday, December 27, 2013 | 8:40 PM




PANDAN – Kesetiakawanan sosial merupakan modal nyata pembangunan. Dan melalui peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus menggalakkan pembangunan bidang kesejahteraan sosial di tengah-tengah masyarakat.
Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi dalam arahan dan bimbingannya pada puncak acara Peringatan HKSN Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2013, di Lapangan Pantai Bosur Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Jumat (27/12).
Peringatan HKSN 2013 yang mengambil tema "Kesetiakawanan Sosial Untuk Indonesia Sejahtera" menurut Gubernur merupakan ungkapan rasa syukur dan hormat atas keberhasilan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam menghadapi ancaman dan tantangan dari bangsa lain yang ingin menjajah kembali bangsa kita ini.
“Kesetiakawanan sosial mengandung jiwa dan semangat spiritualitas, perekat persatuan dan kesatuan dari seluruh etnik yang dilandasi oleh komitmen bersama tanpa diskriminasi,  saling menghargai dan menghormati, berkorban tanpa pamrih, saling peduli dan berbagi menuju terwujudnya kesejahteraan bersama,” kata Gubsu.
Kepedulian terhadap masyarakat yang kurang mampu, lanjut Gubsu sangat diharapkan. Hal ini sejalan dengan tema peringatan HKSN tahun 2013 yang juga sejalan dengan visi dan misi Gubsu dan wagubsu mewujudkan Sumut yang sejahtera dan berdaya saing.
Gubsu mengingatkan seluruh komponen masyarakat yang ada di Sumut agar memberikan perhatian, peluang dan kesempatan kepada penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang ada di daerah masing-masing,
Sesuai amanah Undang Undang no 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial para penyandang masalah sosial berhak atas penghidupan layak dan manusiawi.
Kegiatan peringatan HKSN diharapkan mampu mengatasi berbagai masalah sosial yang ada. Masyarakat harus terpenuhi kebutuhan dasar baik itu, sandang, pangan papan, pendididkan dan kesehatan.
Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang SH MHum berharap Sumut  di bawah kepemimpinan Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho ST MSi dapat menjadi provinsi  maju dan sejahtera. “Jiwa dan semangat kepahlawanan kesetiakawanan sosial  harus diwujudkan secara transparan kepada anak bangsa ini. Sehingga meraka tahu dan mengerti memahami kemerdekaan suatu bangsa tidak terlepas dari pengorbanan para pejuang,” katanya.
Sementara itu Ketua Panitia peringatan HKSN Provinsi Sumut yang juga Plt Asisten Kesejehteraan Sosial DR Drs Arsyad Lubis MM dalam laporannya menyampaikan tujuan peringatan HKSN adalah sebagai momentum pelembagaan kesetiakawanan sosial sehingga menjadi bagian sikap dan perilaku kehidupan sehari-hari.
Gubsu didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Hj Sutias Handayani , Pangdam I/ BB Mayjen Istu Hari Subagio beserta Istri dan Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang beserta istri menyerahkan piagam penghargaan dan trophy serta uang pembinaan kepada pemenang pekerja sosial masyarakat teladan tingkat provinsi.
Gubsu juga menyerahan bantuan kursi roda dan kunci rumah kepada penerima bantuan rumah tidak layak huni yang diterima Muslim Tanjung jalan Dangal Tobing desa Aek Sitio Tio kecamatan Pandan kabupaten Tapteng. Bantuan rumah ini atas kerjasama antara dinas Tarukim Provsu dan kodam I/BB.
Selain itu Pemprovsu menyerahkan  sebanyak 8 unit kursi roda bagi penyandang cacat, bantuan stimulan kepada 13 kelompok usaha bersama (Kube) masing-masing Rp 5.000.000. Bantuan stimulan juga diserahkan kepada kelompok usaha bersama sebanyak 20 kube dari kementerian Sosial RI.
Sedangkan bantuan rumah tidak layak huni sebanyak 1.400 unit dari Dinas Tarukim Provsu untuk warga tidak mampu dengan perincian Kabupaten langkat 335 unit,  Asahan 341 unit, Tapteng 333 unit, Labuhan Batu 198 unit dan Labura 193 unit.(*)
redaktur 28 Dec, 2013

-
Source: http://gatotpujonugroho.com/kesetiakawanan-sosial-modal-nyata-pembangunan/
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :

5 comments:

PETA MEDAN JOHOR

PETA MEDAN JOHOR

REAL COUNT PILGUBSU 2018

REAL COUNT PILGUBSU 2018
DPC PKS Medan Johor by Zul Afkar
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DPC PKS Medan Johor - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Zoel Afkar MK